Hitstat Statistik

Senin, 22 Oktober 2012

Marketing Komunikasi - Personal Selling


Sekarang saya akan membahas bidang marketing komunikasi, tepatnya pada bagian personal selling. Personal selling adalah salah satu tools of promotion yang menekankan prinsip komunikasi diadic (tatap muka). Pertama saya akan menjelaskan tentang definisi personal selling.


Definisi Personal Selling
Personal Selling merupakan satu komponen dari tools of marketing di samping advertising, sales promotion dan publicity yang menekankan pada komunikasi yang bersifat persuatif untuk dapat menggugah kemungkinan konsumen untuk melakukan pembelian.

Kotler dan Amstrong (2001:112) mengatakan bahwa personal selling adalah presentasi pribadi oleh para wiraniaga (tenaga penjual) perusahaan dalam rangka mensukseskan penjualan dan membangun hubungan dengan pelanggan.

Dari definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa personal selling adalah promosi penjualan yang dilakukan dengan dua arah dan dinilai lebih efektif dalam memasarkan produk, karena tujuan akhir dalam suatu promosi adalah melakukan penjualan.


Adapun keuntungan promosi secara personal selling adalah :
1.      Lebih mudah disesuaikan dalam cara menjualnya dengan keinginan konsumen yang diketahui dari reaksi konsumen terhadap barang yang dipromosikan.
2.      Personal selling langsung mengadakan kontak terhadap konsumennya.
3.      Dapat mendemonstrasikan kegunaan barang secara langsung kepada calon pembeli.
4.      Dapat menonjolkan kelebihan-kelebihan produk yang dijual
5.      Dapat memberikan jawaban atas pertanyaaan calon dan pembeli dan memberikan penjelasan tentang keberatan-keberatan yang diutarakan calon pembeli tersebut.
6.      Personal selling dapat mengunjungi pelanggan secara teratur, menanyakan pesan-pesan selanjutnya, sehingga barang di langganan tidak kehabisan dan perusahaan dapat meningkatkan penjualan.

Sedangkan kelemahan promosi secara personal selling adalah sebagai berikut:
1.      Biaya perkontak relative tinggi, karena pesan yang disampaikan perusahaan tidak secara missal, tetapi bersifat pribadi hanya kepada calon pembeli yang dikunjungi
2.      Sulit mencari tenaga penjual yang benar-benar ahli dalam bidangnya.
3.      Dalam pelaksanaan aktivitasnya, personal selling membutuhkan waktu yang relative cukup lama mulai dari mengadakan kontak awal sampai terjadinya transaksi
4.      Personal selling mempunyai keterbatasan dalam menjangkau serta menemui calon pembeli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar